You are currently viewing 6 Manfaat Pemakaian Jembatan Timbang Otomatis
Ilustrasi mesin jembatan timbang yang sedang bekerja (Sumber: freepik.com).

6 Manfaat Pemakaian Jembatan Timbang Otomatis

Jembatan timbang memang sangat berguna dalam menjalankan roda industri yang skalanya besar. Mulai dari indsutri pertambangan, manufaktur, perkebunan, transportasi, dan lain sebagainya, keberadaan jembatan timbang bisa mengoptimalkan kinerja perusahaan terutama dalam hal pencatatan dan pengawasan.

Salah satu jenis jembatan timbang yang populer pada dewasa ini adalah jembatan timbang otomatis. Dengan memanfaatkan kecangihan teknologi terbarukan, penggunaan jembatan timbang otomatis ini bisa memberikan berbagai kemudahan dan manfaat.

Jembatan timbang otomatis telah memberikan banyak kontribusi terhadap peningkatan manajemen rantai pasokan. Dengan adanya manajemen rantai pasokan yang baik, maka perusahaan akan terbantu untuk meminimalkan biaya serta dapat mengirimkan produknya kepada konsumen lebih cepat.

Selain itu, dengan adanya pengembangan perangkat lunak yang semakin canggih juga bisa membuat sistem jembatan timbang bisa diintegrasikan ke dalam sistem perangkat lunak. Integrasi ke perangkat lunak ini tentu terkoneksi dengan internal milik perusahaan yang bisa memberikan informasi lebih lengkap.

Lalu, apa saja manfaat lain dari jembatan timbang otomatis ini? Berikut ini adalah beberapa manfaat pemakaian dari jembatan timbang otomatis:

  1. Aman dan bisa diandalkan

Salah satu manfaat dalam jembatan timbang otomatis ini adalah bisa dilakukan dengan pengawasan kamera CCTV. Pengambilan foto atau video akan dilakukan secara terus menerus terhadap kendaraan dan platform saat proses penimbangan. Petugas pun tidak perlu mengawasi dan memeriksa proses penimbangan secara terus menerus.

Ilustrasi keberadaan CCTV yang bisa mengawasi proses penimbangan di jembatan timbang (Sumber: freepik/onlyyouqj).
  1. Pemeriksaan keamanan

Salah satu keunggulan dari jembatan timbang otomatis ini bisa membantu mencegah penipuan dan pencurian. Dengan adanya pemeriksaan keamanan anti pencurian dapat mencegah berbagai metode manipulasi seperti penimbangan palsu, manipulasi posisi kendaraan, dan verifikasi identitas kendaraan.

  1. Manajemen data

Salah satu manfaat yang bisa didapat dari jenis jembatan timbang otomatis adalah bisa memanajemen data. Para pengguna bisa dapat mengontrol dan melaporkan data. Semua data akan disimpan dan dicadangkan secara digital, dan bisa diakses dengan mudah saat diperlukan.

  1. Proses penimbangan cepat

Dengan memanfaat jembatan timbang otomatis tentu bisa membaut proses penimbangan muatan barang bisa dilakukan dengan cepat. Selain cepat, perusahaan pun bisa hemat biaya tenaga kerja karena tidak perlu banyak menggunakan operator.

Kendaraan truk yang berada di atas jembatan timbang (Sumber: bappeda.ciamiskab.go.id).
  1. Bisa dipantau langsung

Manfaat lainnya dari jembatan timbang otomatis adalah bisa dipantau secara langsung. Hal ini bisa dilakukan dengancara memantau dengan layar komputer tanpa hadir di lokasi jembatan timbang.

  1. Pembuatan dokumen laporan lebih mudah

Jembatan timbang otomatis juga bisa memberikan kemudahan pemuatan laporan yang jadi lebih mudah. Penimbangan otomatis bisa memberikan laporan yang bisa diunduh berdasarkan laporan yang diperlukan. Hal ini pun akan memudahkan para pengguna.