You are currently viewing Cara Merawat Jembatan Timbang Supaya Awet dan Tahan Lama
Ilustrasi jembatan timbang sedang mengukur berat kendaraan truk (Sumber: freepik.com)

Cara Merawat Jembatan Timbang Supaya Awet dan Tahan Lama

Keberadaan jembatan dalam proses pengawasan dan pencatatan angkutan barang di setiap wilayah memang penting. Namun, yang tak kalah penting lainnya adalah memperhatikan cara merawat jembatann timbang supaya awet dan tahan lama.

Merawat jembatan timbang ini menjadi penting. Pasalnya, jika jembatan timbang mampu tahan lama dan tidak cepat rusak, maka perusahaan tidak akan mengeluarkan biaya perbaikan.

Salah satu hal yang penting dari merawat jembatan timbang adalah dengan rutin melakukan perbaikan service maintenance secara berkala. Hal tersebut tentu bertujuan supaya keadaan jembatan timbang bisa beroperasi dengan baik meskipun digunakan dalam jangka waktu lama.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam hal merawat jembatan timbang supaya awet dan tahan lama:

  1. Jaga kebersihan timbangan

Salah satu hal yang perlu diperhatikan awal dan menjadi dasar adalah kebersihan dari jembatan timbang. Usahakan jembatan timbang ini selalu dalam keadaan bersih. Jika jembatan timbang kurang terurus kebersihannya, maka akan memengaruhi dari umur jembatan timbang.

  1. Bersihkan area sekitar timbangan

Salah satu tips untuk melakukan perawatan di jembatan timbang lainnya adalah dengan membersihkan area sekitar timbangan truk. Pastikan area terakhir menuju jembatan timbang bersih dan tak ada penghalang. Selain itu, perhatikan juga jika ada kerusakan.

  1. Periksa saluran air

Dalam hal kebersihan lainnya yang perlu diperhatikan adalah masalah drainase air. Pastikan drainase atau saluran air ini dalam keadaan bersih dan tidak tersumbat.

  1. Lakukan service secara berkala

Hal penting lainnya yang perlu dilakukan untuk perawatan jembatan timbang adalah dengan menggunakan jasa service jembatan timbang secara berkala. Hal tersebut adalah bentuk antisipasi supaya mengetahui apakah terdapat kerusakan atau tidak pada jembatan timbang.

Truk muatan barang yang sedang melewati UPPKB. (Sumber: jatengprov.go.id)
  1. Hindari penggunaan las

Hindari penggunaan las pada jembatan timbang. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan karena keberadaan las sendiri yang menggunakan aliran listrik tinggi bisa dengan mudah merusak peralatan listrik dan load cell pada jembatan timbang.

  1. Gunakan listrik yang stabil

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan jembatan timbang adalah penggunaan listrik yang stabil. Jembatan timbang merupakan alat yang membutuhkan keakuratan ini perlu didampingi sumber arus listrik yang berkualitas. Selain itu, hindari penggunaan generator atau alat sumber daya listrik semacamnya.