You are currently viewing Yuk Mengenal 7 Perangkat Utama Jembatan Timbang
Para petugas yang sedang memeriksa kendaraan di tempat jembatan timbang. (Sumber: jatengprov.go.id)

Yuk Mengenal 7 Perangkat Utama Jembatan Timbang

Jembatan timbang yang sering digunakan oleh truk atau angkutan barang ini memang memiliki perangkat dan prosedur tertentu. Keberadaan perangkat dan prosedur ini sangat membantu pada saat proses penimbangan.

Keberadaan perangkat utama pada jembatan timbang yang harus diperhatikan ini bertujuan supaya kinerja timbangan bisa berjalan dengan baik. Sehingga, pada saat proses menimbang pun bisa menghasilkan keakuratan hasil penimbangan.

Berikut ini beberapa perangkat utama yang harus diperhatikan dalam jembatan penimbangan:

  1. Pondasi

Keberadaan pondasi pada jembatan timbang ini memang sangat penting. Apalagi bagi mereka yang menggunakan jembatan timbang atau timbangan truk dengan jenis permanen. Keberadaan pondasi ini tentu menjadi dasar dari jembatan timbang.

  1. Platform Timbangan

Perangkat utama yang perlu diperhatikan berikutnya adalah platform timbangan. Platform dari jembatan timbang ini harus terbuat dari baja dan permukaannya rata. Hal tersebut juga bertujuan di mana truk yang alu-lalang bisa berjalan dengan baik dan lancar di lokasi jembatan timbang.

  1. Load Cell

Hal yang perlu diperhatikan berikutnya adalah load cell. Salah satu komponen utama dari jembatan timbang ini memang harus diperhatikan betul. Pasalnya, keberadaan load cell sendiri merupakan alat konversi daya berat menjadi daya listrik yang dapat di ukur sehingga bisa ditampilkan secara numerik.

Kendaraan muatan barang yang sedang memasuki jembatan timbang.
(Sumber: jatengprov.go.id)
  1. Indikator

Perangkat utama yang tak boleh luput adalah indikator. Keberadaan indikator ini bisa berfungsi untuk menampilkan nilai berat kendaraan dari hasil pengubahan load cell kepada operator jembatan timbang.

  1. Kabel

Setelah memperhatikan indikator, hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah keberadaan kabel. Alat ini adalah sebagai pengirim sinyal dari hasil penimbangan load cell dan diteruskan ke indikator.

  1. Juction Box

Perangkat eletronik ini juga tak boleh luput. Fungsi dari juction box merupakan terminal kabel listrik yang bisa digunakan dari dan menuju timbangan.

  1. Software

Perangkat pendukung dari jembatan timbang yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah adanya software. Keberadaan software di jembatan timbang ini sangat membantu keakuratan hasil penimbangan. Selain itu, software ini juga berfungsi sebagai penyimpan data dari hasil penimbangan.