You are currently viewing Kenapa Harus Ada Jembatan Timbang?
Ilustrasi truk yang berada di atas jembatan timbang.

Kenapa Harus Ada Jembatan Timbang?

Keberadaan jembatan timbang sangat penting di tempat tertentu. Jembatan timbang ini berfungsi sebagai alat timbangan kendaraan muatan barang.

Keberadaan jembatan ini bertujuan sebagai pengawasan dari berat setiap angkutan. Biasanya, jenis kendaraan yang ditimbang oleh jembatan ini adalah angkutan kontainer atau truk muatan barang.

Adanya jembatan ini juga bisa diandalkan oleh para pemilik perusahaan. Jembatan timbang bisa memberikan angka yang tepat mengenai produk yang keluar masuk dari pabrik atau perusahaan.

Angka penimbangan tidak akurat bisa menyebabkan kehilangan profit, khilangan pelanggan, dan bahkan bisa terjerat masalah hukum.

Maka dari itu, jembatan timbang harus didesain dengan level keakuratan yang tinggi. Hal tersebut tentu bertujuan supaya dapat diandalkan dalam jangka panjang, meski terpasang dalamn kondisi dan lingkungan yang sulit.

Jembatan timbang juga dilengkapi alat monitor digital yang dapat menampilkan nilai berat kendaraan yang sedang ditimbang. Sehingga, tiap kendaraan yang keluar dan masuk pabrik atau perusahaan bisa diketahui bobotnya.

Keberadaan jembatan timbang juga diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dalam undang-undang tersebut disebutkan bahwa alat penimbangan yang dipasang secara tetap dan berfungsi sebagai alat pengawasan muatan angkutan barang.

Selain itu, terdapat beberapa fungsi dari jembatan timbang yang jarang orang tahu. Pertama sebagai pencatatan, yakni bertujuan untuk melihat perkembangan lalu litas dari angkutan barang dan kendaraan yang melebihi muatan.

Fungsi kedua adalah sebagai pengawasan, yakni digunakan ketika ada angkutan barang memerlukan pengawasan tonase kendaraan dan jenis barang yang diangkut.

Untuk fungsi ketiga adalah sebagai penindakan, yakni bertujuan untuk mencegah adanya kerusakan jalan perlu dilakukan penindakan berdasarkan berat tonase yang diizinkan untuk tiap kelas jalan.

Itulah beberapa alasan mengapa jembatan timbang ini harus ada. Terbukti keberadaan jembatan timbang ini memang membantu dunia perindustrian.